Jumat, 24 Februari 2012

PERILAKU KARYAWAN DAN KEPEMIMPINAN DALAM BISNIS INTERNASIONAL



I.      PENDAHULUAN

1.1.        Latar Belakang
    


Sebagai dampak dari perdagangan bebas adalah tebukanya kegiatan bisnis di berbagai negara yang berbeda. Tidak adal lagi batas negara dalam perdagangan internasional (the boderless world), kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mendukung terciptanya bisnis internasional secara cepat. Timbulnya bisnis internasional/ pemasran internasional pada awalnya karena adanya kebutuhan suatu negara yang tidak bisa dipenuhi oleh negara itu sendiri. Namun seriing dengan perkembangan zaman dan perubahan gaya hidup manusia, telah merubah pola perdagang internasional menjadi bisnis dalam artian mencari keuntungan diberbagai belahan dunia manapun.
Perdagangan internasional telah membagi kerja dunia, yang mana negara – negara maju sebagai negara yang memproduksi produk industri sedangkan negara berkembang berperan sebagai negara pemasok bahan baku untuk industri negara maju. Impilikasi lain dari perdangan internasional ditandai dengan semakin berkembangnya perusahaan multinasional atau MNC (Multi Nasional Company) diberbagai bidang (manufacture, transportasi, telkomonikasi, food processing, jasa, energy dll).
Globalisasi perdagangan merupakan peluang  dalam mengembangkan usaha dan pemasaran bagi perusahaan yang mampu bersaing, namun juga akan menjadi tantangan bagi perusahaan atau negara yang tidak mempunyai daya saing tinggi. Berbagai perusahaan MNC telah mengembagkan sayapnya ke negara – negara lain, selain itu membuat variansi – variansi dalam produknya atau pun pelayanan serta manajemen perusahaan. Perdagangan global menuntut perusahaan agar mampu berasing tidak hanya terpaku pada keunggulan komparativ saja tapi harus mengedepankan keunggulan kompetitif.
Perkembangan bisnis internasional yang memasuki lintas negara, tentu tidakalah terjadi segampang yang dilihat, karena banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memulai bisnis internasional. Hal itu dikarenakan bisnis internasional akan melibatkan manusia lintas negara yang tentu akan berbgaimacam pula corak prilaku, budaya dan agamanya. Maka berkaitan dengan hal tersebut penulisan makalah ini bertujuan untuk melihat berbagai prilaku, budaya tenaga kerja dan kepemimpinan individu lintas negara dalam bisnis internasional yang berjudul “Perilaku Karyawan dan Kepemimpinan Dalam Bisnis Internasional”.

1.2.        Permasalahan

Perbedaan prilaku krayawan telah menjadi permasalahan tersendiri dalam pengembangan bisnis internasional. Perbedaan budaya akan berpengaruh terhadap kinerja, motivasi kerja dan kepemimpinan dalam perusahaan multinasional. Dengan perbedaan budaya negra-negara tersebut perlu untuk melihat bagaimanan perilaku krayawan dan kepemimpinan dalam bisnis internasional.

1.3.        Tujuan

Adapun tujuan dari penulisa ini adalah :
1.      Melihat bagaimana keanekaragaman prilaku karyawan dari berbagai negara dalam bisnis internasional
2.      Melihat kepemimpinan dari manejer dalam bisnis internasional dari latra belakang kribadian individu yang berbeda.
3.      Membedakan kenekargaman prilaku individu antar negara dalam bisnis internasional

1.4.        Ruang Lingkup

Ruang lingkup dari makalah ini adalah perlakau individu dalam bisnis internasional, peran budaya dalam bisnis internasional, motivasi karyawan dalam bekerja/berorganisasi  dan kepemimpinan dalam bisnis internasional.



II.    PERILAKU KARYAWAN DAN KEPEMIMPINAN
DALAM BISNIS INTERNASIONAL

2.1.    Perilaku Individu Dalam Bisnis Internasional

Perilaku invidu pada dasarnya dipengaruhi oleh budaya setempat atau lingkungan tempat tinggal dari sesorang. Setiap negara mempunyai budaya tersendiri sehingga berpengaruh terhadap kepribadian dari masyarakat suatu negara tersebut, dalam bisnis intenasional tentu beragam budaya perlu menjadi perhatian karena akan berkaitan dengan bagaimana untuk memulai sebuah bisnis, penetapan karyawan dan prospek pemasarannya di negara tersebut. Berkaitan dengan hal itu beberapa hal yang berkaitan dengan perilaku individu dalam bisnis internasional sebagai berikut :

2.1.1.   Perbedaan Keperibadian dalam Berbagai Budaya

Berbagai budaya telah membentuk perilaku individu-individunya dalam bergaul, bekerja dan bersikap atau kepribadiannya yang berbeda dengan individu lain. Personality merupakan atribut psikologis mendasar yang membedakan seseorang dengan orang lain. Banyak psikolog yang mengatakan atribut kepribadian dipengaruhi oleh faktor keturunan (nuture) dan lingkungan (nature). Faktor lingkungan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepribadian seseorang misalnya lingkungan temapat tinggal atau wilayah dimana mereka dibesarkan. Dalam hal ini manajer internasional harus mengetahui perbedaan lingkungan atau budaya suatu negara.  Namun, perlu diketahui bahwa perbedaan setiap individu juga ada dalam kelompok budaya manapun. Artinya budaya menimbulkan tendensi prilaku tertentu dan prilaku individu dalam budaya manapun juga berbeda-beda secara signifikan (Griffin dan Pustay, 2005).
Akhir-akhir ini para pakar psikologi telah mengindentifikasi cirri-ciri kepribadian yang fundamental bagi organisasi termasuk dalam bisnis internasional yang akan melibatkan tenaga kerja dari berbagai latar belakang bangsa, agama dan budaya yang berbeda. Beberapa ciri-ciri tersebur antara lain adalah :
Pertama, Agreeablesness (kemampuan bersosialisasi) yaitu menunjukan sifat bagaimana seseorang bergaul secara baik dengan orang lain seperti bersikap lembut, memahami, kooperatif sehingga mendapatkan umpan balik yang positif dari lingkungannya tersebut. Kedua, Conscientiousness (sifat berhati-hati) hal ini  akan menggambarkan kepribadian seseorang apakah ia adalah orang yang teratur, terorganisisr, memiliki disiplin tinggi, teliti dan bertanggung jawab dalam aktivitasnya.  Ciri juga dapat mengukur apakah seseorang tersebut terorganisir, sistematis, bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Ataukah sebaliknya tidak disiplin, ceroboh, dan tidak bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Ketiga, emotional stability (kestabilan emosi) yaitu bagaimana seseorang untuk mengendalikan emosinya, orang yang emosinya stabil maka ia akan bersifat tenang, seimbang, tabah dan merasa aman, sebaliknya orang yang emosinya tidak stabil akan mudah gelisah, merasa tidak aman, reaktif, dan memiliki mood yang mudah berubah-ubah. Keempat, Extroversion (eskstrovert) adalah tingkat kenyamanan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain yang menunjukan seseorang mudah bergaul, komunikatif, tegas dan sebaliknya ada orang yang tidak mudah bergaul dan lebih cederung introvert. Kelima, Openness (keterbukaan) menggambarkan sikap bagaimana seseorang menerima pendapat orang lain, mendengarkan orang lain dan menjalankan saran orang tersebut, sebliknya adalah sikap egois tidak mau mendengarkan pendapat orang lain.
Negara-negara Eropa dan Amerika Serikat telah menjadikan ciri-ciri kepribadian tersebut dalam menempatkan seseorang disebuah posisi pekerjaan. Conscientiousness dan kestabilan emosi yang tinggi kemungkinan mereka akan bekerja lebih baik daripada orang yang kestabilan emosinya rendah, Extroversion bisa menjadi alat yang bermanfaat untuk memprediksikan seseorang untuk menjadi manejer pemasaran seperti orang China yang lebih komunikatif dalam pemasaran. Banyak manejer di bisnis internasional yang menjadikan ciri kepribadian tersebut untuk penerimaan tenaga kerja dalam perusahaan multy nasional company.



2.1.2.   Sikap Dalam Berbagai Budaya

Sikap  merupakan dimensi lain dari invidu yang berpengraruh terhadap kinerja organisasi terutama dalam organisasi bisnis yang berorientasi provit. Sikap (attitude) menunjukan bagaimana seseorang dapat mengekpresikan perasaannya. Adapun sikap terhadap organisasi dapat dilihat sebgai berikut :
1)    Kepuasan Kerja
       Kepuasan kerja adalah sikap yang mencerminkan tingkat kepuasan atau pemenuhan seseorang atas pekerjaannya. Kepuasan seseorang terhadap pekerjaannya ditentukan oleh faktor-faktor personal seperti kebutuhan dan aspirasi individu sedangkan faktor eksternal adalah organisasi seperti hubungan dengan rekan kerja, atasan, kondisi kerja, kebijakan kerja dan kompensasi. Karyawan yang merasa puas akan bekerja dengan rajin, semangat tinggi, dan akan bertahan lama di organisasi sebaliknya kryawan yang tidak puas akan menjadi malas, mudah stress, cebderung mencari pekerjaan lain dan tidak tahan lama di organisasi. Dalam Griifin (2005) dikatakan perbedaan tingkat kepuasan kerja antara orang Jepang dengan orang Amerika Serikat dari hasil survey yang dilakukan terhadap 8.300 pekerja di 106 pabrik di Jepang dan Amerika Serikat, seperti yang terlihat pada tabel berikut :

Pertanyaan Kepuasan Kerja
Rata-rata di Jepang
Rata-rata di AS
Scara keseluruhan, seberapa puaskah anda dengan pekerjaan anda ?
(0 = tidak sama sekali, 4 = sangat)

2,12*
2,95
Jika seseorang teman baik anda mengatakan bahwa ia tertarik dengan pekerjaan anda di perusahaan anda, apa yang akan anda katakana ?
0 = memberi saran yang membuat ia tidak tertarik
1 = memberi saran yang membuat ia akan mempertimbangkannya
2 = Merekomendasikan pekerjaan itu

0,91
1,52
Setelah mengetahui pekerjaan anda sekarang, jika anda memutuskan sekali lagi apakah anda akan memilih pekerjaan anda sekarang atau tidak, apakah keputusan anda?
0 = tidak akan mengambil pekerjaan tersebut
1 = akan mempertimbangkannya
2 = akan mengambil pekerjaan tersebut

0,84
1,61
Sberapa banyak pekerjaan anda sekarang sesuai dengan pekerjaan yang anda inginkan ketika anda memutuskan pekerjaan tersebut ?
0 = tidak sesuai dengan yang saya inginkan
1 = agak sesuai
2 = sesuai dengan yang saya inginkan
0,43
1,20

*Perbedaan respon rata-rata untuk setiap pertanyaan secara statistif cukup signifikan, yang berarti perbedaan antara respon kryawan AS dan Jepang cukup besar sehingga respon ini tidak muncul sebagai hasil yang kebetulan
Sumber : Diambil dari J. R. Lincoln, Employee Work Attitudes and Manajement in the U.S. and Japan : Evidence from a large comparative survey, (dikutip dari Griffin, 2005).

2)    Komitmen Terhadap Organisasi
Komitmen merupakan sikap yang mencerminkan identifikasi dan loyalitas seseorang terhadap organisasi. Komitmen merupakan kepribadian yang sangat penting dalam organisasi. Suatu studi komparatif terhadap karyawan dari negara Barat, Asia dan karyawan lokal yang bekerja di Arab Saudi menunjukkan bahwa ekspatriat dari Asia memiliki komitmen organisasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ekspatriat dari Barat dan Arab Saudi. Studi lain menunjukan bahwa karyawan dari AS lebih komitmen terhadap organisasi sibandingka karyawan dari Jepang.

2.1.3.   Persepsi Dalam Berbagai Budaya

Banyak defenisi tentang budaya, Stoner dan kawan-kawan (1995) memberikan arti budaya sebagai gabungan kompleks asumsi, tingkah laku, cerita, mitos, metafora, dan berbagai ide lain yang menjadi anggota masyarakat tertenteu. Krech (dalam Graves, 1986) mengemukakan bahwa budaya adalah sebagai suatu pola semua susunan, baik material maupun perilaku yang sudah diadopsi masyarakat sebagai suatu cara tradisional dalam memecahkan masalah-masalah para anggotanya. Budaya didalamnya juga termasuk semua cara yang terorganisasi , kepercayaan, norma, nilai-nilai budaya implicit, serta premis-premis yang mendasar dan mengandung suatu perintah.

1)      Stereotip
Persepsi merupakan bagaimana seseorang menginterpretasikan atau mengungkapkan informasi tentang lingkungannya setelah ia melihat, mendengar, merasakan sesuatu pada individu tertentu. Dalam bisnis internasional persepsi menjadi sangat penting untuk menjadi pertimbangan dalam pengembangan bisnis atau penempatan tenaga kerja. Persepsi umum dalam bisnis internasional disebut dengan stereotype, yang terjadi ketika seseorang membuat kesimpulan seseorang setelah melihat beberapa sifat orang tersebut.
Berbagai stereotipe terhadap negara telah menjadi pertimbangan bagi perusahaan Multy Nasional Company (MNC) untuk meperluas bisnisnya baik secara lansung / Foregn Direct Invesment (FDI) dan dalam hal penempatan tenaga kerja, walaupun banyak yang tidak meyakini kebenaran dari stereotype tersebut. Beberapa contoh stereotip tenaga kerja diberbagai negara, seperti orang Amerika Serikat memiliki stereotype bahwa manejer Jepang bekerja sepanjang waktu, manejer Swess sangat terorganisasi, dan manejer Perancis sangat elitis. Sedangkan stereotype dari beberapa negara menyebutkan manejer Amerika Serikat lebih cenderung rakus.

2)      Budaya untuk bertahan hidup
Muljono (2006) menyebutkan budaya adalah strategi untuk bertahan hidup dan menang, sehinnga diistilahkan dengan budaya tinggi. Globalisasi perdagangan sedikit banyaknya telah berpengaruh terhadap budaya suatu bangsa sperti gaya hidup, perubahan sosial kemasyarakatan  dan lain-lain. Dalam prespektif menghadapi tantangan global  terdapat dua cara yang kontras yaitu : membenci/ memusuhi (xenofobia) dan mencintai habis-habisan. Pendukung aliran pertama adalah pendukung seni budaya tradisional yang menganggap sebagai budaya tinggi, sedangkan pendukung kedua adalah mereka yang memperoleh pendidikan dan pemebelajaran dari barat dan menjadikan semua yang dari Barat sebagai kiblat. Kedua pendapat diatas tidaklah benar dan kesalahan persepsi itu perlu untuk dikoreksi, yang perlu disadari bahwa budaya merupakan strategi untuk hidup dan maju berkembang (muiljono 2006). Persaingan dalam bisnis internasioanal tidak terlepas dari budaya suatu bangsa yang akan berpengaruh terhadap prilaku dari individu-individunya.
Para ilmuan memetakan budaya atas budaya tinggi, bubaya rendah, budaya maju dan budaya terbelakang. Perpaduan dari budaya tinggi – maju atau maju – tinggi adalah budaya dimana produk budayanya mempunyai keunggulan fungsi namun memiliki keindahan yang sulit ditnadingi. Produknya mempunyai tiga cirri keunggulan : komparatif, kompetitif, dan distingtif. Seperti, Microsoft Office, Intell, New Honda City, TV plasma dll. Sehingga dapat digambarkan peta budaya bangsa-bangsa sebagai berikut :

Gambar 2
Peta Budaya Bangsa-bangsa






Terbelakang
 


Maju
 
 


Tinggi - Terbelakang

Tinggi
 
 
(rumit, unggul secara komparatif)


Tinggi – Maju

 (rumit, utilitas tinggi, keunggulan kompetitif- komparatif)
Rendah – Terbelakang

Rendah
 
 
(sederhana, utilitas rendah)

Maju – Rendah

(utilitas, fungsi, unggul secara komparatif)

Posisi Indonesia pada peta budaya masih berada pada posisi budaya tinggi namun masih terbelakang ( kuadran 2). Singapura, Malaysia dan India misalnya sudah mulai masuk ke kuadran 4. Sementara Amerika Serikat dan Jepang dan hampir seluruh negara OECD masuk di kuadran 4


                                                                      Gamabar 3
                                                  Kuadranisasi Budaya








                                       
Sumber : Muljono (2006)
Dalam era globalisasi (borderless world) yang ditandai dengan perdagangan bebas, keunggulan budaya menjadi sangat penting terutama dalam melakukan bisnis internasional. Transformasi budaya global tentu tidak dapat dihindari lagi yang didasari oleh : keberadaan saling percaya dan kultur manajemen. Keunggulan Amerika Serikat bukan karena keunggulan teknologi, uang, dan lain-lain. Tetapi karena Amerika Serikat mempunyai social capital yang disebut dengan trust. Diyakini mana mungkin membangun kompetisi yang sehat tampa kejujuran. Tanpa kejujuran tidak mungkin mengadakan kerjasama apalagi dalam skla bisnis internasional.
Penelitian menunjukkan bahwa strategi, struktur dan teknologi organisasi berangsur-angsur menjadi sama. Namun demikian, masih saja terjadi perbedaan antara manusia- manusia dalam organisasi karena perbedaan kultur. Dengan kata lain, kultur nasional masih terus akan menjadi kekuatan yang tidak boleh diabaikan dalam menjelaskan sebagian besar peranan perilaku organisasi (Child,1981).

2.1.4.   Proses Keanekaragaman Kultur/ budaya
Untuk menganalisis variasi berbagai kultur, perlu diidentifikasi enam dimensi kultur dasar, hubungan manusia dengan alam, orientasi waktu, orientasi aktivitas, sifat manusia, fokus rasa tanggung jawab, dan konsepsi tentang ruang dari berbagai latarabelakang budaya negara yang berbeda.

a.    Hubungan Manusia dengan Alam
Di banyak negara Timur Tengah dan Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia dan Brunai Darussalam), orang percaya bahwa hidup ini adalah karunia Tuhan sehingga apapun yang terjadi mereka menganggap sebagai kehendak Tuhan. Sebaliknya, orang Amerika dan Kanada percaya dan merasa dapat mengontrol alam ini. Umpamanya, mereka tidak ragu-ragu untuk menghabiskan bermilyar dolar setiap tahunnya untuk penelitian-penelitian mencari hal-hal baru.
Adanya perspektif-perspektif yang berbeda tentang alam ini akan berpengaruh pada praktik-praktik organisasi. Di negara-negara yang merasa di bawah pengaruh kekuasaan alam karena Tuhan, penetapan tujuan atau target organisasi bila tercapai atau tidaknya target tersebut di luar kekuasaan kita. Di negara-negara yang mencari keharmonisan dengan alam, target-target organisasi lebih sering ditetapkan dan dilaksanakan. Kalaupun terjadi penyimpangan, hukuman untuk kegagalan mencapai target biasanya tidak berat. Tetapi, di negara-negara yang merasa mampu menguasai alam, target organisasi selalu ditetapkan secara luas dan konsekuen. Target dilaksanakan dengan harapan kuat untuk bisa mencapainya sehingga hukuman untuk kegagalan juga relatif berat, umpamanya pencopotan presiden direktur perusahaan multinasional yang dianggap gagal.

b.    Orientasi Waktu

Masyarakat di berbagai negara menilai waktu ini secara berbeda-beda. Kultur Barat menganggap waktu itu sangat berharga sebagai sumber langka. "Waktu adalah uang" sering diungkapkan sebagai keinginan untuk menggunakan secara efisien. Orang-orang Amerika lebih memfokuskan diri pada usaha-usaha masa sekarang dan masa akan datang sehingga terlihat pada sistem penilaian prestasi kerja karyawan (performance appraisals) yang dilakukan setiap enam bulan atau satu tahun. Sebaliknya, orang-orang Jepang mengambil waktu yang lebih lama untuk sistem penilaian prestasi kerja, setiap 10 tahun atau kadang-kadang lebih lama lagi. Orang-orang Italia umpamanya, lebih suka mengikuti tradisi dan berusaha menjaga praktik-praktik kerja yang bersifat historis. Jadi, pengetahuan tentang kultur tertentu terhadap orientasi waktu dapat memberikan pertimbangan bagi pelaku bisnis internasional, baik dalam pelaksanaan rencana jangka panjang, lama berlakunya pembagian kerja maupun batasan mengenai keterlambatan, yang biasanya digunakan oleh orang-orang Amerika untuk membuat dan mempertahankan perjanjian.

c.    Orientasi Aktivitas

Kultur negara-negara tertentu mengutamakan tindakan keberhasilan dalam hidup ini. Kultur negara-negara yang lain mengutamakan keberadaan atau kehidupan sementara. Kultur yang terakhir ini mengutamakan pencarian pengalaman dalam hidup ini dan pencarian kepuasan secara segera dari keinginan keinginannya. Kultur yang lain fokus pada pengontrolan diri, di mana manusia menahan keinginan-keinginannya dengan cara menjauhkan diri dari objek-objek yang diinginkan sebelum berkemampuan mendapatkannya secara logis.
Orang Amerika Utara hidup dalam masyarakat yang berorientasi kepada tindakan. Mereka bekerja keras dan berharap untuk memperoleh penghargaan dengan promosi, kenaikan gaji atau bentuk-bentuk pengakuan lain atas keberhasilannya. Sebaliknya, orang Meksiko lebih berorientasi kepada keberadaan atau kehidupan sementara sehingga tidur siang dianggap penting untuk istirahat dan memperoleh kenikmatan sebentar. Di pihak lain, orang Perancis memilih orientasi kontrol diri dengan mengutamakan rasionalitas dan logika.
Dengan mengerti hal-hal tersebut di atas, seseorang pebisnis internasional perlu  memahami pendekatan orang dari berbagai negara terhadap budaya kerja serta bagaimana mereka membuat keputusan dan kriteria yang digunakan untuk pemberian penghargaan. Umpamanya, di negara-negara yang menganut orientasi keberadaan, keputusan-keputusan yang dibuat cenderung emosional. Sebaliknya, pada kultur dengan orientasi tindakan dan kontrol diri, keputusan-keputusan yang dibuat lebih pragmatis dan rasional.

d.    Sifat Alamiah Manusia

Sifat alamiah manusia bisa memberikan ciri dari kultur suatu bangsa, apakah kultur baik, jelek atau diantara keduanya . Di banyak negara dunia ketiga, orang menganggap bahwa sifat alamiah manusia itu pada dasarnya jujur dan dapat dipercaya. Di pihak lain, Uni Sovyet (Rusia) malah menganggap bahwa sifat alamiah manusia pada dasamya kurang baik. Negara-negara Amerika Utara menganggap manusia berada di antara keduanya. Mereka memandang manusia sebagai makhluk yang baik, tetapi harus terus diawasi agar tidak mengambil keuntungan dari kelengahan orang lain.
Dengan pengetahuan ini, pelaku bisnis internasional dapat melihat pandangan kultur tentang sifat alamiah manusia yang secara dominan akan mempengaruhi tipe kepemimpinan para manajer dalam masyarakat tersebut. Model kepemimpinan otokratik lebih sering terjadi di negara-negara yang menganggap sifat alamiah manusia itu pada dasamya buruk. Model kepemimpinan partisipatif lebih sering terjadi di negara-negara yang mengutamakan nilai saling percaya. Di negara-negara yang menganut kultur campuran, kepemimpinan cenderung partisipatif, tetapi juga melakukan pengawasan yang sedikit ketat supaya dapat dengan cepat mengidentifikasi penyimpangan.

e.    Rasa Tanggung Jawab

Kultur dapat juga diklasifikasikan sesuai dengan fokus rasa tanggung jawab seseorang untuk kesejahteraan orang-orang lain. Orang-orang Amerika, umpamanya, dikenal bersifat individualistik. Mereka percaya bahwa tanggung jawab seseorang itu terletak pada kemampuan mengurus diri sendiri. Negara-negara seperti Malaysia, Indonesia dan Israel lebih fokus pada tanggung jawab bersama/kelompok, yaitu mengutamakan keharmonisan, kesatuan dan kesetiaan. Orang-orang Inggris dan Perancis lain lagi, mereka mempercayai hubungan-hubungan yang hierarkis. Kelompok-kelompok tertentu di negara-negara ini dibuat ranking, yang relatif stabil, sehingga masyarakat-masyarakat yang hierarkis ini cenderung aristokratis.
Dimensi kultur akan dapat memiliki implikasi pada waktu mendesain pekerjaan, melakukan pendekatan dalam pembuatan keputusan, corak-corak komunikasi, sistem penghargaan, dan praktik-praktik seleksi dalam organisasi umpamanya, seleksi pada masyarakat yang individualistis mengutamakan keberhasilan pribadi. Di dalam masyarakat kelompok, kemampuan kerja sarma yang baik dengan orang lain mungkin dianggap lebih penting. Dalam masyarakat yang hierarkis, keputusan seleksi dibuat berdasarkan status calon. Dimensi kultur ini dapat menjelaskan mengapa pembuatan resume pelamar kerja, yang menyebutkan daftar keberhasilan atau pengalamannya sangat populer di Amerika Serikat.

2.1.5.   Konsep Tentang Ruang
Beberapa kultur negara tertentu kelihatan sangat terbuka dan melakukan bisnisnya di tempat umum (public). Di pihak lain, beberapa kultur memperlakukan segala sesuatu seperti milik pribadi (Private). Tentu saja, masih banyak kultur yang merupakan campuran dari kedua kultur ekstrim tersebut. Perusahaan-perusahaan Jepang merefleksikan kegiatan di tempat umum tersebut. Orang yang memiliki kantor privat hanya sedikit. Para manajer dan karyawan operasional bekerja dalam ruangan yang sama, tanpa partisi untuk memisahkan meja-meja mereka. Di pihak lain, perusahaan-perusahaan Amerika Utara juga merefleksikan kultur mereka dengan menggunakan kantor-kantor privat untuk menunjukkan status. Pertemuan-pertemuan penting selalu dilaksanakan secara tertutup. Kadang-kadang untuk manajer top diberikan ruangan kantor yang ekstra luas dan eksklusif. Pada masyarakat dengan kultur campuran, kantor bisa bersifat privat dan umum, umpamanya dinding pemisah tidak terlalu tinggi (limited privacy). Konsep tentang ruang ini jelas memiliki implikasi dalam organisasi, khususnya dalam desain pekerjaan dan komunikasi.



2.1.6.   Cultural Stress (shock)
Setiap gerakan manusia dari satu negara ke negara lain akan menimbulkan kebingungan, disorientasi, dan ketegangan emosional yang disebut sebagai cultural shock. Orang  Amerika Serikat ke Kanada mungkin tidak begitu memerlukan banyak penyesuaian karena kedua negara itu hampir sama dalam kultur nasionalnya. Penyesuaian dalam program transfer eksekutif baru akan menjadi berat bila transfer dilakukan ke negara-negara yang kultur nasionalnya sangat berbeda dengan lingkungan yang lama.
Banyak studi tentang perilaku organisasi yang menghubungkan pengalaman-pengalaman organisasi di Amerika atau negara-negara Barat lainnya.  Menyesuaikan konsep konsep perilaku organisasi dengan kultur setempat perlu namun tidak semua konsep dapat diaplikasikan di seluruh dunia. Bahkan, dalam satu negara yang terdiri dari bermacam macam suku seperti Indonesia, perbedaan perbedaan kultur lokal pun sering mewarnai para karyawan di perusahaan perusahaan besar, yang memerlukan pengertian dan pendekatan khusus dalam mengatasi problem perilaku mereka yang berhubungan dengan pekerjaan. Oleh karena itu, keberhasilan seorang top manajer sangat tergantung pada kejeliannya dan kemampuannya mengatasi masalah-masalah ini dengan seni manajemen yang didasarkan pada perilaku organisasi ini.

1.2.      Motivasi dalam Bisnis Internasional

Motivasi merupakan dorongan yang diberikan seseorang kepada orang lain untuk bersemangat melakukan sesuatu. Dalam bisnis internasional manejemen menghadapi tantangan dalam memotivasi krayawannya untuk mengembangkan produk baru, dan memperbaiki pelayanan konsumen. Sehingga motivasi menyebabkan seseorang memilih perilaku tertentu bukannya beberapa perilaku lainnya.
Poin awal dalam memahami motivasi adalah dengan mempertimbangkan kebutuhan dan nilai. Kebutuhan adalah apa yang harus atau ingin dimiliki seseorang, sedangkan nilai adalah apa yang dianggap penting oleh seseorang. Kebutuhan setiap individu berbeda-beda muali dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan sekunder seringkali terwujud dalam pengaturan organisasi. Misalnya, jika seseorang merasa puas dengan pekerjaannya, maka penghargaan yang diberikan organisasi juga harus sesuai dengan kebutuhannya. Jika sesorang membutuhkan kesempatan promosi tentu penghargaan dengan memberikan kantor yang bagus tentu belum cukup baginya. Sedangkan nilai-nilai lebih dipengaruhi oleh keluarga, teman sebaya, pengalaman dan budaya.
Pemebrian motivasi kepada para pekerja di bisnis internasisional sangat berbeda tergantung latar belakng budaya atau prilaku dari individu-individu tersebut. Misalnya, manejer dan karyawan di negara yang individualistic akan sangat termotifasi oleh kebutuhan dan penghargaan yang sifatnya individualis. Kesempatan untuk mendemonstarsikan kompetensi dirinya untuk menerima pengakuan dari orang lain mungkin akan sangat menarik baginya. Sebaliknya, orang dari budaya kolektif akan sangat termotivasi oleh kebutuhan dan penghargaan yang sifatnya kelompok.
Konflik dapat dengan mudah muncul ketika mekanisme perusahaan internasional dalam memotivasi karyawannya berbenturan dengan sikap budaya. Bayak manejer Amerika yang bekerja di Jepang mengalami kesulitan dengan system kompensasi yang berbasis senioritas dan kinerja kelompok yang dianut di Jepang.

1.3.      Kepemimpinan dalam Bisnis Internasional

Menurut Jusi dalam  Muljono (2006), budaya yang kuat didukung oleh faktor-faktor : ledearship, sense of direction, climate, positive teamwork, value add systems, enabling structure, appropriate competences, and developed individual. Diantara faktor pendukung tersebut, menurut pengalaman ternyata faktor leadership sangat menonjol, dalam arti bahwa komitmen, kesungguhan tekad dari pimpinan terutama pimpinan puncak suatu organisasi, merupakan faktor utama dan sangat mendukung terlasananya suatu budaya di perusahaan.




Gamabar 1.

Core Values Component











Sumber : Muljono (2006)

Bisnis internasional memberikan tantangan bagi para manajer yang semula hanya beroperasi secara nasional saja. Mereka menghadapi system - sistem hukum dan politik, situasi ekonomi dan kebijaksanaan perpajakan yang berbeda antar negara. Tetapi, mereka juga harus bisa mengerti dan mengikuti berbagai kultur nasional, yaitu nilai-nilai penting yang dipraktekkan yang memberikan kekhususan kepada negara-negara yang bersangkutan, yang di negaranya sendiri mungkin tidak pernah dialami sepanjang hidup. Hal seperti inilah yang sering menimbulkan kesulitan bagi para manajer multinasional.
Faktor budaya termasuk faktor yang paling sulit dan kompleks untuk dipahami, faktor ini termasuk menjadi faktor terpenting dalam menentukan efektivitas pimpinan. Sangat penting bagi pemimpin untuk menyesuaikan perilaku mereka dengan konteks orang yang mereka pimpin dan organisasi mereka tempat bekerja. Seorang menejer harus mampu melihat perbedaan-perbedaan itu dengan bijak dan tidak gegabah dalam bertindak dan mengambil keputusan. Manejer harus menghormati norma dan yang berlaku untk kelansungan perusahaan dan tidak egois dan berpandangan sempit (Parochialism).
Parochialism, yaitu pandangan sempit seorang manajer yang kurang mampu untuk mengenali adanya perbedaan-perbedaan di antara sesama manusia dan ethnocentric views, yaitu keyakinan bahwa nilai kultur dan kebiasaan suatu bangsa itu lebih baik dari bangsa-bangsa lainnya, sering terjadi pada sebagian besar manajer dari Amerika Serikat. Sebagai contoh, mereka hanya mau berbahasa Inggris karena merasa pasar domestiknya sudah sangat besar. Karena perasaan superior tersebut, orang-orang lain dari negara manapun "diwajibkan" berbahasa Inggris bila ingin berhubungan dengan mereka.
Parochialism dan ethnocentrism yang menghinggapi mereka ini tidak begitu negatif akibatnya pada masa sesudah Perang Dunia II, ketika Amerika Serikat masih menguasai 75% dari pendapatan kotor dunia. Tetapi, sekarang sikap serupa telah menjadi ancaman karena perusahaan-pemrusahaan Amerika Serikat hanya mampu menguasai sekitar 20% dari GNP dunia (Boyacigiller & Adler, 1991). Jadi, penting untuk dicamkan bahwa dunia ini tidak lagi didominasi oleh kekuatan ekonomi Amerika Serikat. Kalau ingin memperoleh keuntungan penuh dari berbagai kesemapatan baru dalam ekonomi global, para manajer Amerika Serikat harus dapat membuang jauh sikap-sikap tersebut diatas.
Para pemodal asing sekarang ini sudah mengontrol lebih dari 12% dari semua aset perusahaan-perusahaan Amerika Serikat dan mempekerjakan lebih dari tiga juta tenaga kerja Amerika (Mc Whirter, 1989). Tetapi, mereka juga membuat kekeliruan yang sama seperti yang dilakukan para eksekutif Amerika di luar negeri. Sebelumnya para tenaga kerja Amerika ini merasa lebih stabil dan aman. Tetapi ketika para pemilik baru ini mengambil alih perusahaan Amerika Serikat dengan cara manajemen yang berbeda, mereka merasa terancam dengan ketidak pastian, yang sering tidak diperhatikan oleh para manajer asing. Para manajer asing dari Eropa maupun Asia masih diskriminatif, meskipun tidak resmi ataupun terselubung, terhadap tenaga kerja wanita. Banyak tenaga kerja Amerika mengeluh dengan kebiasaan-kebiasaan tradisional perusahaan-perusahaan Eropa dan Asia, yang mengambil alih perusahaan-perusahaan Amerika.
Umpamanya, para manajer Jepang biasa bekerja 10-12 jam sehari yang dilanjutkan dengan sosialisasi hingga tengah malam. Padahal, banyak pembicaraan bisnis yang dilakukan justru pada saat sosialisasi semacam itu sehingga para manajer Amerika merasa ditinggalkan dan hal ini betul-betul menyakitkan karena merasa tidak dipercaya. Cara-cara Jepang dalam berkomunikasi dengan karyawan Amerika juga menimbulkan kesulitan. Orang-orang Amerika lebih langsung dan berterus terang, mengatakan tepat seperti yang dimaksudkan. Di pihak lain, orang-orang Jepang mengutamakan konsensus kelompok, yang merupakan praktik yang tidak begitu sesuai di Amerika Serikat. Orang-orang Amerika yang biasanya ingin cepat mengambil keputusan merasa prustasi bila terjadi penundaan-penundaan demi konsensus.

1.4.      Kelompok dan Tim dalam Bisnis Internasional
Kelompok merupakan kumpulan dari orang yang bekerjasama untuk mencapai sebuuah tujuan yang sama, sedangkan tim merupakan jenis grup khusus yang menerima tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaannya sendiri.  Tim yang matang diperusahaan akan memiliki karenteristik sebagai berikut :
1.    Mampu mengembangkan struktur peran yang jelas, setiap anggota memiliki peran dalam tim, menerima peran itu dan member kontribusi yang berharga.
2.    Tim menyusun norma-norma bagi anggotanya untuk standar perilaku dalam organisasi.
3.    Tim bersifat kohesif, artinya anggota tim semakin lama semakin loyak terhadap tim, dan setiap anggota menhargai, menghormati dan dapat bekerjasama yang baik dengan anggta laiinya.
4.    Beberapa tim memilih seseorang pimpinan informal dari timnya, yaitu seorang individu yang diberi status khusus oleh tim dan dapat memimpin dan memberi arahan tim tanpa memperoleh keuntungan dari otoritas formal.


III.   KESIMPULAN DAN SARAN

3.1.      Kesimpulan

1.    Proses perilaku dan proses interpersonal sangat penting dalam setiap organisasi. Perbedaan individu memberikan dasar bagi pola perilaku dalam budaya yang berbeda. Ciri sikap , persepsi, kepribadian dan stres merupakan perbedan-perbedaan individu yang harus dipaham oleh manenejer internasional
2.    Motivasi merupakan sekumpulan kekuatan yang menyebabkan sesorang memilih perilaku tertentu dari serangkaian perilaku yan ada. Model motivasi yaitu berbasis kebutuhan, berbasis proses, dan pemebrdayaan.
3.    Kepemimpinan merupakan penggunaan pengaruh untuk membentuk tujuan kelompok atau organisasi tanmpa paksaan, dan membantu utnk menetukan budaya kelompok atau organisasi tersebut. Orang dari budaya yang berbeda menunjukan reaksi yang berbeda terhadap perilaku kepemimpinan seorang manejer. Perbedaan tersebut disebabkan oleh perbedaan dimensi budaya atau oleh perilaku individu itu dendiri
4.    Kelompok dan tim merupakan bagian dari semua organisasi,. Struktur, peran, sifat, norma-norma dan kepemimpinan informal semuanya memeberikan kontribusi terhadap kesuksesan dan kegagalan perusahaan.

3.2.      Saran

Bagi seorang manejer ataupun karyawan bisnis internasional agar dapat memahami karakter individu-individu dari latar belakang budaya yang berbeda untuk dapat bekerjasama dalam menjalankan misi untuk mencapai visi perusahaan dalam bisnis internasional.





IV.  DAFTAR PUSTAKA

Anindita, R. 2008, Bisnis dan Perdagangan Internasional. Penerbit Andi, Yogyakarta
Hamdani, 2007. Studi Kasus Pemasaran Ekspor. BHUSINDO, Jakarta
Hill, Charles W.L, 2011 , International Bussiness : Competing in Global     Marketplace ,8th Edition, Mc Graw-Hill companies Inc. 1221 Avenue of Americas, New York, NY 10020
Griffin dan Pustay. 2005, Bisnis Internasional edisi ke 4. PT. Indeks kelompok  gramedia, Jakarta
Moljono. 2006, Cultured, Budaya Organisasi Dlam Tantangan, PT. Garmadia, Jakarta



Tidak ada komentar:

“NEGARA KAYA TERNAK TIDAK AKAN PERNAH MISKIN”

Sejak dilakukan domestikasi  ( m enjinakan) hewan buruan oleh manusia, yang pada awalnya hanya untuk kebutuhan pangan keluarga sehari-hari, ...